BERITA SUDAN

BERITA SUDAN

Sudan: kesepakatan damai tercapai Senin, 24 Mar 2008 02:59:46

Keamanan sudan mengatakan 90% kesepakatan damai tercapai masukan di Nairobi di January yang bermasalah. Dr Abdul-Atti penasehat pesan untuk sudan mengatakan pemerintahah sudah dapat meakhiri perjanjian antara damai dengan memberikan pemerintahan harapan selesai diminggu ini dalam penyelesaian konflik dengan membentuk suatu pemerintahan Abyei, “permasalahan ini terdapat pada pemanggilan antara persetujuan untuk pembentukan pemerintahan Arbei yang akan mengunakan unit ini sebagai penyelesaian damaiWe can say the problem of the CPA is being addressed. The government of Abyei will be formed after the government of national unity agrees on the formula,” he said. tapi pemerintahan sudan selatan di Narobi mengatakan itu seluruhnya menyesatkan,John Andruga Duku dari pemerintahan sudan selatan dalam misi di norobi sangat menyukai terhadap gagasan itu namun permasalahan yang timbul adalah pembagian minyak yang berada didaerah itu karena rakya liberation sudan tidak menyetujui dengan perjanjian dengan perjanjian damai . Abyei presiden Omar el-Bashir menolak laporan tersebut dan memberikan harapan memakai garis Arbey minyak yang ada dibagian arbey 60 %selurunya adalah lading minyak selatanThe oil-rich Abyei contains 60 percent of all the oil fields in the south. Abyei adalah kota atau distrik dari selatan kurdufan sudan yang mempunyai sejaah yang baik antara sudan selatan dan sudan utara .

Sudanese army slams UN report Sun, 23 Mar 2008 19:30:00

tentara sudan menuai protes keras terhadap laporan United Nastions yang mana menuduh tentaranya meperkosa dan merampas tentara sudan menolak tuduhan UN dan menjadikan tanpa hormat tentara tentara sebagai penjahat dan pemerontak,juru bicara Othman Mohammed al-Agbash menhubungi keamanan SUNA terhadap laporan tersebut. Agbash mekritik tuduhan UN seagai usaha menurunkan citra disudan ia mengatakan pemerontak Darfur yang merampas adan merompak masyarakat sipil dan menjadikan perisai. Captain Abdul Samie Haj Ahmed juga menyela apa yang dikatakan oleh UN yang melaporkan tentaranya merampok dan meperkosa oleh AFP “tentara United Nation deni melaporkan dia mengatakan bahwa menanggung itu mereka melihat seluruh pemberontak dan penjahat kembali kesudan tentara mendapat sasaran penduduk.laporan harian selasa mengatakan sedikitnnya 115 orang tewas ditentara sudan dalamserangan di 4 kampung di januari dan februari.tanggal 8 februari tentara memborbadir wilayah sirba,silea dan abu suruj yang menyertai militant dari janjaweed dan tentara sudan disana perluasaaan perampasan karir dengan bijaksaaan dan kepercayaan janji kepercayaan tentara dalam penyerangan di Sirba UN mengatakan kekerasan di wilayah Darfur di februari 200.000 orang terbunuh dan 2,2 juta menyari tempat tinggal ketika pemberontak etnic arab mengatakan dalam regime arab dominated.tapi pemerintahan sudan mepertahankan itu hanya 9.000 orang yang terbunuh dalam kenyataanya.

US akan memberi bantuan 3.600 personel pasukan terbaru ke darfur selasa, 02 Apr 2008 13:38:35

Amerika serikat akan memberi bantuan 3.600 pasukan penjaga perdamaian kedaerah konflik disudan utusan amerika mengatakan Richard williamsom”kami percaya itu pemerintahan kami akan mengirimkan bantuan 3.600 personel pasukan penjaga perdamaian terbaru keafrika di bulan juni target nomor basic rencana pasukan penjaga perdamaian akan melakukan keamanan dan stabilitas di Darfur utusan amerika serikat mengatakan Richard Williamson Williamson juga akan memberikan bantuan $100 juta unuk menjaga perdamaian di bagian afrika,mesir,ethopian dan Rwanda yang merupakan bagian rencana penjaga perdamaian untuk tentara AU-UN .At Khartoum setuju kepada UN penjaga keamanan dalam afrika dan bagian non afrika dari Thailand ,Nepal dan suku Negara. di januari kerjasama tentara afrika dengan united nation dengan tentara 26.000 penjaga perdamaiaan berbicara akan menanggulangi kekerasan yang terjadi disudan.bagaimapun jumlah tentara 9.000 penyerbu siap menhancurkan.. Penjualan Senjata Cina kepada Sudan Meningkat Selama Sengketa di Darfur

Berita Sudan14/03/2008

Satu organisasi ham mengatakan penjualan senjata ringan Cina kepada Sudan telah meningkat dengan cepat selama sengketa di Darfur. Organisasi yang berbasis di Amerika itu, Human Rights First, mengatakan penelitian terinci data perdagangan PBB mengenai Sudan menunjukkan Cina belakangan ini boleh dikatakan pemasok tunggal senjata ringan kepada Sudan. Organisasi tersebut mengatakan Cina mengekspor 90 persen dari semua senjata ringan Sudan antara tahun 2004 dan 2006, yang berjumlah 55 juta dolar. Senjata ringan tersebut berupa, antara lain, senapan penyerang, peluncur roket, dan amunisi untuk senapan dan senapan mesin. Organsasi ham tadi meminta kepada Cina agar menghentikan semua penjualan senjata kepada Sudan dan mendesak dunia agar mengkaitkan masalah tersebut dengan Olimpiade Beijing tahun ini.Para aktivis ham telah menuduh Cina tidak menggunakan pengaruhnya terhadap pemerintah Sudan untuk menghentikan pembunuhan di Darfur.

SUDAN TERANCAM BENCANA KELAPARAN 02/04/2008

PBB memperingatkan akan bencana kelaparan disudan. Kalau negeri itu tidak mendapat bantuan pangan, maka satu juta orang akan mati kelaparan dalam tiga bulan mendatang. Sebab musababnya adalah musim kemarau yang berkepanjangan, yang mengakibatkan panen gagal di banyak tempat. Keadaan paling parah terdapat di propinsi Kordofan dan Darfur di Sudan Utara. Menurut PBB Sudan dalam waktu dekat membutuhkan sedikitnya 40 juta dolar untuk memberantas bencana kelaparan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: