PROFIL NEGARA

PROFIL NEGARA

Republic sudan berada dibagian utara afrika .sebagian besar Negara Sudan di batas afrika. negara utara dan selatan  menpunyai perbedaan yang menyolok dari satu sama semua wilayah kering utara dihuni sebagian besar muslin arab,disaat bersama,diselatan dihuni oleh penduduk afrika kulit hitam christiani dan animist.merupakan tempat beberapa kekuatan Negara,selama duapuluh tahun pemerintahan sudan dikontrol oleh inggris.diperkirakan 1,5 juta penduduk sudan tewas saat terjadi perang antara sudan selatan dan sudan utara oada waktu 1983 sampai 2003.di tahun 2004 konflik sudan sudan meletus lagi dibagian barat wilayah sudan lebih dari 200.000 orang menuntut dan leih dari 2 juta orang pindah kebagian sudan utara.konflik sudan berakhir ditahun 2007 dengan mediasi internasional dalam usaha menyelesaiakan konflik.sudan membatasi  utara dari mesir ke laut merah,eritea,and Ethiopia dan selatan Kenya,Uganda and republic congo dan barat pusat republic afrika,chad,and Libya.total wilayah sudan 2.505.800 sq km (967.490 sq mil).khartoum adalah ibu kota dan kota terbesar.
Motto: Al-Nasr Lana (bahasa Arab: Kemenangan adalah Milik Kita) Lagu kebangsaan: Nahnu Jundullah Jundulwathan (”Kita adalah Pasukan Tuhan dan Tanah Kita”)republik Sudan adalah sebuah negara di Afrika timur laut yang merupakan negara terbesar di Afrika dan seringkali masih dianggap bagian Timur Tengah. Ibukotanya di Khartoum.Sudan berbatasan dengan Mesir di utara, Eritrea dan Ethiopia di timur, Kenya dan Uganda di tenggara, Kongo dan Republik Afrika Tengah di barat daya, Chad di barat, dan Libya di barat laut.Khartoum (bahasa Arab: الخرطوم al-Ḫarṭūm “belalai gajah“) adalah ibu kota Sudan, sekaligus ibu kota negara bagian Khartoum. Letaknya di titik di mana Sungai Nil, yang mengalir dari Uganda, bertemu dengan Sungai Nil Biru, yang mengalir dari arah barat di Ethiopia.
Wilayah perkotaan Khartoum mempunyai populasi sebesar 1.974.780 jiwa (1 Januari 2005), membuatnya kota terbesar kedua di Sudan. Koordinat Khartoum adalah 15° 34 34″ LU 32° 32′ 5″ BT.Khartoum didirikan pada tahun 1821 sebagai pos militer Mesir, namun berkembang menjadi pusat perdagangan regional. Para tentara yang loyal kepada Mahdi Muhammad Ahmad mengepung Khartoum sejak 13 Maret 1884, melawan pasukan yang dipimpin Jenderal Britania Charles George Gordon. Kota yang rusak berat tersebut jatuh ke tangan para pendukung Mahdi pada 26 Januari 1885.Sepanjang tahun 1970-an dan 1980-an, Khartoum adalah tuju

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: